Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat

Salman Herbal,- Pasti setiap orang pernah mengalami sakit gigi, ketika kita sakit gigi rasanya sangat mengganggu karena terasa nyut-nyut bahkan sampai sakit kepala. Penyebab sakit gigi terjadi saat bagian paling dalam dari gigi, atau disebut juga dengan pulpa, mengalami peradangan. Di dalam pulpa terdapat serabut saraf sensitif dan pembuluh darah. Berikut ini adalah cara mengobati sakit gigi dengan cepat



1. Air Garam

Siapa sangka ternyata garam yang biasa kita gunakan sebagai bumbu penyedap makanan dapat mengurangi/mengobati sakit pada gigi. Menurut American Academy of Family Physicians, berkumur dengan air asin atau air garam mungkin akan membantu untuk meringankan sakit gigi, meskipun perawatan medis oleh dokter sangat penting untuk dilakukan. Dan yang perlu digaris bawahi adalah, hindarilah minum antibiotik atau obat lain tanpa pengawasan dokter untuk menyembuhkan sakit gigi.

2. Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati beberapa penyakit, Jika digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan terbut. Lalu campuran antara bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang. Setelah melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur. Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.

3. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi, karena mememiliki kandungan anti-inflamasi, analgesik, dan juga sifat anti-mikroba. Cara penggunaanya yaitu dengan mengunyah satu atau dua lembah daun dan tunggu hingga khasiatnya bekerja. Selain itu, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus 4 hingga 5 daun jambu biji, kemudian Anda bisa menambahkan garam, apabila sudah tidak panas air hasil resbusan tadi bisa digunakan untuk berkumur.

4. Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis menjadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk nipis, bahan alami ini juga dappat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian air perasan digunakan secukupnya. Lalu air perasan tersebut dilumurkan pada gigi yang berlubang secukupnya setiap 10-15 menit sekali. Anda bisa melakukan cara ini hingga rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi menghilang.

Cara Mencegah Terjadinya Sakit Gigi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, meski gigi Anda saat ini masih sehat, disarankan untuk melakukan langkah pencegahan untuk mengantisipasi sakit gigi. Usaha pencegahan tersebut di antaranya:
  • Memeriksakan gigi Anda ke dokter setidaknya dua kali dalam setahun.
  • Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya cokelat, kue manis, dan permen.
  • Menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi.
  • Sebagai tindakan pelengkap sekaligus memastikan mulut terbebas dari bakteri, akhiri tiap menggosok gigi dengan berkumur menggunakan mouthwash, jika perlu.
  • Berhenti atau mengurangi merokok. Selain merusak paru-paru, kebiasaan merokok turut berdampak buruk kepada kesehatan gigi dan mulut.
Nah itulah Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat"

Posting Komentar